Pelatih Nottingham Forest Kritik Keputusan Penalti Wasit

Pelatih Nottingham Forest, Steve Cooper, mengkritik keputusan penalti yang dianggapnya begitu buruk dari pihak wasit. Keputusan tersebut terjadi dalam laga baru-baru ini yang pihaknya lakukan saat berhadapan dengan Manchester United. Pada pertandingan tersebut, wasit Simon Hooper memilih untuk tidak memberikan sanksi tendangan penalti kepada Manchester United meski Steve Cooper percaya salah satu pemain mereka, Harry Maguire, menyentuh bola dengan tangannya.

Gabung di M88 Sekarang

M88 Nottingham Forest

Penyesalan Pelatih Nottingham Forest

Pelatih Nottingham Forest, Steve Cooper, mengakui bahwa pihaknya menyesal karena tidak mengkritik keputusan wasit pada laga mereka baru-baru ini. Keputusan yang dimaksud adalah ketika wasit memilih untuk tidak memberikan mereka kesempatan untuk mengeksekusi tendangan penalti akibat kesalahan pemain Manchester United. Pada laga tersebut, Harry Maguire diduga melakukan pelanggaran dengan memegang bola.

Pada kesempatan tersebut, Manchester United menikmati momen di sepanjang permainan ketika mereka tampil dengan begitu dominan atas sang rival di City Ground. Gol yang dipersembahkan oleh Antony dan Diogo Dalot menjadi pengantar mereka menang di laga tersebut. Skuad Erik ten Hag berhasil menciptakan begitu banyak kesempatan untuk membobol gawang lawang setelah sempat unggul 1-0. Sebaliknya, dari sisi sang rival, tak muncul satu kesempatan pun bagi mereka untuk melakukan serangan balik.

Kemungkinan yang Bisa Terjadi

Tapi, kondisi ini bisa sama sekali berubah jika saja sang tuan rumah diberikan kesempatan untuk melakukan eksekusi tendangan penalti. Kesempatan tersebut bisa datang seandainya saja wasit mengakui bahwa Maguire, yang bersama dengan 2 rekan setimnya, berniat untuk mengambil operan bola dari tendangan pojok, tapi sayangnya bola berakhir dengan menyentuh bagian tangannya yang pada waktu itu sedang naik. Tapi, wasit Simon hooper pada pertandingan tersebut tidak menyaksikan insiden tersebut, sementara petugas VAR, Andy Madley, menganggap hal tersebut tidak terlalu butuh untuk diulas melalui rekaman VAR.

Kritik Nottingham Forest untuk Wasit

Terkait hal itu, seperti yang disampaikan dengan bantuan link M88, pelatih Nottingham Forest berujar kalau insiden yang melibatkan Harry Maguire tersebut merupakan kesalahan yang begitu buruk. Menurutnya, wasit seharusnya bisa melihat kesalahan tersebut. Tapi di sisi lain, ia mengakui bahwa hal tersebut tak mudah karena mungkin ada tekanan dari begitu banyak pemain yang ada dan sudut ketika insiden tersebut terjadi. Meski demikian, menurutnya kesalahan yang sama seharusnya tidak dilakukan oleh VAR.

Menurutnya, insiden tersebut menandakan bahwa VAR bukanlah sebuah sistem yang sempurna. Ada begitu banyak keputusan yang menurutnya tidak diambil dengan baik dan tepat karena pertimbangan yang salah dari penerapan teknologi tersebut setitdaknya dalam beberapa minggu terakhir. Meski demikian, ia mengatakan kesalahan wasit pada pertandingan tersebut bukanlah penyebab kekalahan mereka. Meski menurutnya hasil peratndingan bisa saja berubah jika mereka mendapatkan kesempatan untuk melakukan tendangan penalti, tidak ada yang bisa memastikan kalau mereka akan bisa berhasil menggulingkan Setan Merah pada kesempatan tersebut. Tapi setidaknya. ia berasalan kalau seandainya saja mereka mendapatkan kesempatan untuk melakukan tendangan penalti dan Harry Maguire mendapatkan sanksi kartu dari pihak wasit, setidaknya mereka bisa memperkecil selisih gol pada pertandingan yang dimaksud.