Rencana Barcelona untuk Bintang Pemain Debut Mereka

Permainan yang dipersembahkan Barcelona saat berhadapan dengan Real Betis di Spotify Camp Nou pada hari Sabtu malam waktu setempat yang lalu membuka pintu ke lahirnya sebuah ajang bersejarah. Di menit ke-83, sosok pemain Lamine Yamal turun ke tengah lapangan hijau sebagai pengganti Gavi. Dengan usianya yang hanya 15 tahun dan 290 hari, ia menjadi pemain termuda Barcelona yang menjalani debut di tim utama.

Gabung di M88 Sekarang

M88 Barcelona

Fakta Menarik Sang Debutan Barcelona

Menurut catatan yang ada, sebenarnya ini merupakan kali ketiga bagi sang pemain berusia 15 tahun ini untuk turun ke tengah lapangan. Jumlah ini masih di luar dari kesempatan dirinya mengikuti sesi latihan bersama dengan tim utama selama bermingg-minggu. Ia dikabarkan sudah pernah ikut serta dalam laga bersama tim utama ketika berhadapan dengan Atletico Madrid dan Rayo Vallecano. Namun ini merupakan pertama kali bagi dirinya untuk benar-benar merumput atas perintah dari sang pelatih, Xavi Hernandez.

Pihak Barcelona sendiri dikabarkan memang tengah menyiapkan proyek jangka panjang untuk pemain berusia 15 tahun mereka tersebut. Bahkan kabar yang beredar menyebutkan klub asal Spanyol tersebut tengah menanti dirinya berusia 16 tahun agar mereka bisa menawarkan kontrak karir profesional dirinya untuk pertam kali.

Barcelona Tengah Siapkan Kontrak

Kabar yang kami terima dari berbagai sumber menyebutkan Barcelona saat ini tengah menyiapkan kontrak dengan berbagai detilnya untuk sanga pemain. Karirnya di dunia sepakbola memang bisa dipastikan cerah berkat usianya yang masihg 15 tahun sehingga perjalanannya masih sangat panjang. Apalagi Jorge Mendes, salah satu agen pemain yang begitu dikenal di dunia sepakbola, rela mengeluarkan dana dalam jumlah besar untuk merebutnya dari Ivan de la Pena.

Kini, setelah dirinya berhasil melakukan debut perdana yang ia nantikan, Barcelona tampaknya memiliki rencana untuk sang pemain muda tersebut. Mike Pluig, direktur di La Masia, mengungkapkan bahwa rencana tersebut adalah mengeksekusi strategi yang sama yang dahulu diterapkan Barca untuk Gavi.

Rencana La Blaugrana

Dalam pernyataannya yang dikutip oleh linkM88, Pluig berujar bahwa ada contoh tentang cara Barcelona memperlakukan pemain muda berbakat mereka, yaitu dengan Gavi, yang merupakan pemain termuda keempat yang melakoni debutnya di La Liga. Menurutnya, kasus-kasus tersebut harus diperlakukan secara natural dan diterapkan sesuai dengan konteks masing-masing.

Ia juga menekankan bahwa bagi Barcelona penting untuk memastikan para pemain muda tersebut terus mendapatkan waktu bertanding yang cukup. Memang para pemain tersebut akan mengalami perubahan. Mereka akan kehilangan anonimitas mereka sebagai seorang pemain. Mereka telah mengalami transformasi diri yang tadinya nyaris tidak diketahui publik dan sekarang harus berhadapan dengna pandangan mata dari berbagai belahan dunia.

Menurut Pluig, Barcelona akan pertama-tama meminta sang pemain untuk menjelaskan pengalamannya bermain sepakbola kepada pihak klub. Kemudian ia akan ditunjukkan daftar pemain muda yang ada saat ini serta tuntutan kepada dirinya untuk terus bekerja dan tetap berada di daftar tersebut, mengingat tak semua pemain muda yang ada di daftar itu akhirnya berhasil melakukan debut atau sekadar bertahan. Oleh karena itu, pihak klub ingin memastikan bahwa dirinya memiliki semangat dan motivasi yang cukup kuat untuk melakukan hal tersebut. Apalagi dirinya akan berlaga di La Liga, salah satu kompetisi sepakbola yang begitu sengit, dengan kehadiran banyak sosok pemain kelas dunia.